Expansi ke Makassar, IDEA Indonesia Teken Kerjasama Dengan Life Hotel Group

Rabu, 17 Januari 2024
Oleh Admin

Jakarta, 16 Januari 2024 - Emiten penyedia pelatihan vokasi, layanan perhotelan, serta operator properti, PT Idea Indonesia Tbk (IDEA) kembali melakukan langkah agresif untuk ekspansi di awal tahun 2024 ini. Setelah mengakuisisi operasional multipurpose building Aleesha Venue di bilangan Jagakarsa Jakarta Selatan pada awal Januari, kini IDEA menggandeng Life Hotel Group untuk mempercepat ekspansi bisnis ke wilayah luar pulau Jawa.


Life Hotel Group merupakan pemilik sekaligus operator berbagai brand hotel bintang 2 hingga bintang 4 yang tersebar di Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara. Saat ini Life Hotel Group mengoperasikan 20 unit hotel, beberapa diantaranya adalah Lifestyle Hotel Surabaya, Royal Prime Hotel Surabaya, My Studio Hotel Juanda Sidoarjo, My Studio Hotel Kualanamu Medan, Favor Hotel Makassar, dan Tree Hotel Panakkukang. Dengan kerjasama ini, IDEA berpeluang untuk membuka 20 kantor cabang di seluruh hotel yang dioperasikan oleh Life Hotel Group.


Sebelumnya IDEA telah beroperasi di Kota Metro Lampung sejak 2009, dan dalam 2 tahun terakhir berhasil membuka kantor cabang di Semarang dan Surabaya yang masing-masing bertempat di Hotel Pandanaran Simpang Lima Semarang (Bintang 3), UTC Hotel Semarang (bintang 3), dan Hotel Garden Palace by Archipelago Surabaya (Bintang 4).

Mendapat sambutan antusias dari masyarakat di ketiga cabangnya, IDEA semakin mantap untuk mempercepat ekspansi ke seluruh wilayah Indonesia. Presiden Direktur IDEA, Eko Desriyanto menyatakan bahwa sektor jasa pelatihan super singkat dengan 100% jaminan langsung penempatan kerja di hotel, resto dan kapal pesiar yang ditawarkan IDEA terbukti disambut antusiasme tinggi oleh masyarakat. Eko mengatakan; 


“Meski sudah banyak lembaga sejenis yang lebih dulu eksis di Lampung, Jawa Tengah dan Jawa Timur, kehadiran IDEA mendapat sambutan antusias karena mampu memberi warna baru di dunia pelatihan vokasional dengan waktu pelatihan super singkat; hanya 3-4 bulan, dijamin langsung ditempatkan kerja, dan garansi 100% uang kembali dengan perjanjian notaris,” ujar Eko dalam keterangannya kepada media.


Antusiasme tersebut terbukti dengan membludaknya peminat dan pendaftar di Cabang Metro, Cabang Semarang dan Cabang Surabaya. Hingga Desember 2023, IDEA mencatatkan jumlah peminat mencapai 12.358 orang, untuk program offline (executive) maupun hybrid (blended learning). Eko meyakini, dengan lebih banyak cabang yang dibuka, performa Perseroan pada 2024 akan semakin menjanjikan.


Pada moment penandatanganan kerjasama dengan Life Hotel Group bertempat di Kantor Pusat IDEA di Jl Wr. Sila No 01 Jagakarsa Jakarta Selatan, Eko menyampaikan bahwa antusiasme tinggi dari masyarakat tidak terlepas dari kenyataan bahwa IDEA telah meluluskan lebih dari 7.800 alumni program executive yang langsung terserap kerja yang tersebar di seluruh Indonesia. Oleh karenanya, Eko yakin program IDEA juga akan disambut antusias di daerah lain, khususnya oleh anak-anak muda yang ingin mendapat jaminan pekerjaan layak di industri hotel, kuliner dan kapal pesiar internasional. “Sama seperti di cabang yang sudah ada, kami yakin Program IDEA akan disambut antusias oleh anak-anak muda di Sulawesi, Sumatera Utara dan daerah lainnya”, pungkas Eko.


Senada dengan Eko, Direktur Life Hotel Group Budi Patiran menyampaikan bahwa kerjasama ini sejalan dengan visi Life Hotel untuk terus berkembang dan meningkatkan standar pelayanan. Budi meyakini melalui kerjasama dengan PT Idea Indonesia Tbk, Life Hotel Group dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada tamu hotelnya, sekaligus membantu mengembangkan profesional industri perhotelan di Indonesia. "Kami ingin maju bersama dengan IDEA melalui kerjasama yang mengedepankan sharing resources, transfer of knowledge, dan inovasi program vokasi yang membawa dampak positif bagi masyarakat dan bisnis kami”, tutup Budi.