KICK OFF PROGRAM DENGAN RATUSAN PESERTA, IDEA : KEBANGKITAN BISNIS PELATIHAN

Selasa, 05 Juli 2022
Oleh Admin

Surabaya, 04 Juli 2022 – IDEA INDONESIA CABANG SURABAYA resmi membuka Program Persiapan Penempatan Kerja dan Wirausaha Angkatan Perdana pada, Senin (4/7/2022).

Angkatan perdana cabang Surabaya ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain Sumatera Selatan, Lampung, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terpantau sejak pagi hingga malam, panitia penerimaan peserta pelatihan sibuk menyambut peserta yang bergiliran datang.

Program Pendidikan IDEA INDONESIA CABANG SURABAYA bertempat di Garden Palace Hotel, yang merupakan hotel bintang empat yang terletak di pusat kota Surabaya, tepat berhadapan dengan Alun Alun Kota Surabaya.

Beberapa orang tua yang kedapatan mengantar putra-putrinya menyampaikan kagum dengan fasilitas pelatihan yang disediakan IDEA. Dari mulai fisik gedung yang mewah dan menjulang tinggi, ruang penerimaan, ruang belajar, ballroom, ruang makan, dan fasilitas praktik yang seluruhnya merupakan fasilitas mewah khas hotel bintang 4 Garden Palace Hotel. Ida, salah satu orang tua peserta program yang berasal dari Surabaya mengatakan; “Saya mendukung pilihan anak saya untuk bergabung ke IDEA untuk jadi Chef.” Ditanya tentang alasan mendukung pilihan anaknya mengikuti program IDEA, Ida menjelaskan, “Saya setuju karena fasilitasnya sangat baik dan ada jaminan langsung penempatan kerja,” tutupnya.

Antusiasme yang sama juga ditunjukkan oleh ratusan peserta program yang mengaku baru pertama punya pengalaman menginap di hotel bintang 4. Mereka sangat senang dengan fasilitas akomodasi yang disediakan IDEA berupa kamar type superior di Hotel Garden Palace Surabaya. Para peserta akan menikmati fasilitas akomodasi ini selama mengikuti Program Persiapan Penempatan Kerja dan Wirausaha di IDEA INDONESIA SURABAYA. Salah satu peserta dari Depok, Anung, menyampaikan kesan “Saya sangat senang dengan fasilitas pelatihan yang diberikan IDEA, kamarnya mewah, bersih,dan rapi, ruang belajar nyaman, fasilitas praktikum lengkap berstandar hotel bintang 4, dan mentornya adalah para manager yang keren-keren”.

Perwakilan tim penerimaan peserta baru IDEA, Yulia mengatakan fasilitas terbaik ini sengaja disediakan bagi para peserta sebagai bukti bahwa IDEA INDONESIA adalah perusahaan penyedia Pendidikan Vokasi Terbaik di Indonesia, dari sisi fasilitas, kualitas, dan kuantitasnya. “Ini adalah upaya management untuk mempertahankan positioning sebagai perusahaan pelatihan terbaik di Indonesia dengan berbagai keunggulan pada aspek fasilitas dan kualitas, sehingga menjadi daya tarik bagi lebih banyak lagi peserta program,” tegasnya.

Jajaran Mentor juga mengungkapkan optimismenya bahwa fasilitas akomodasi dan edukasi yang diberikan kepada peserta program akan sangat membantu mereka beradaptasi dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Purwanto, Executive Housekeeper Garden Palace Hotel yang juga Mentor Divisi Housekeeping mengatakan “Tinggal dan belajar di industri seperti yang dilakukan IDEA akan melahirkan talenta pariwisata dan perhotelan yang sangat mengerti standar operasional industri, sehingga pasti lebih mudah diterima kerja di industri.”

Menurut President Director IDEA INDONESIA, Eko Desriyanto, bisnis model pendidikan vokasi IDEA yang menggunakan industri sebagai fasilitas akomodasi dan edukasi tidak terlepas dari visi besar IDEA untuk menghasilkan talenta hospitality kelas dunia yang memiliki keunggulan dalam Keterampilan, Pengalaman, Pengetahuan, Sikap, Komunikasi, dan Penguasaan Bahasa Inggris. “Setiap hari peserta akan menggunakan Bahasa Inggris dimana saja. Kehadiran mentor yang berpengalaman sangat membantu peserta, sehingga rata-rata hanya butuh 3 bulan bagi peserta untuk lancar berbahasa Inggris.”

Ditanya terkait prospek penempatan kerja peserta pelatihan, Eko manyampaikan saat ini terdapat peningkatan permintaan jumlah karyawan dari 1.200 lebih perusahaan dalam group bisnis IDEA maupun perusahaan mitra yang selalu mempercayakan rekrutment nya dari alumni program IDEA. Sejak pandemi mereda, dan pemerintah melonggarkan aturan pembatasan aktifitas masyarakat, dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia telah menggeliat dengan pesat. “Pada bulan Juni 2022 ini, kami menerima permintaan sedikitnya 2.500 karyawan untuk hotel, restaurant, dan kapal pesiar, untuk penempatan dalam dan luar negeri,” ungkap Eko.

Dengan kembali meningkatnya jumlah peserta program di IDEA dan kembali naiknya permintaan tenaga kerja bidang perhotelan dan pariwisata dalam dan luar negeri, Eko meyakini bahwa ini adalah momentum kebangkitan bisnis Pendidikan dan Pelatihan Vokasional bergaransi kerja yang digelutinya. “Psikologi masyarakat sudah hampir 100% kembali normal, pariwisata dunia kembali dibuka, hotel dan restaurant sudah mulai penuh, sekolah 100% sudah tatap muka. Jadi, saya yakin ini adalah momentum kebangkitan bisnis pendidikan dan pelatihan IDEA,” Pungkas Eko.