KOLABORASI IDEA INDONESIA DAN ARCHIPELAGO INTERNATIONAL CIPTAKAN TALENTA HOSPITALITY GLOBAL BERBASIS DIGITAL

Kamis, 29 April 2021
Oleh Admin

IDeA Indonesia resmi bekerjasama dengan Archipelago International. Kolaborasi keduanya digadang-gadang sebagai The Giant meet The Best, dimana Archipelago International adalah Management Hotel Terbesar di Asia Tenggara dengan 148 hotel, dan IDeA Indonesia Akademi merupakan Lembaga Pelatihan Perhotelan Terbaik di Indonesia versi Kemdikbud 2019.


Kerjasama keduanya untuk mengembangkan Hybrid Learning dan Distance Internship langsung menarik perhatian Dirjen Pendidikan Vokasi dan Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbud RI yang hadir secara virtual pada acara penandatanganan perjanjian kerjasama ini.


Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI, Wikan Sakarinto sangat mengapresiasi keterbaruan inovasi dalam kemitraan IDeA Indonesia dengan Archipelago International. “Ini merupakan karakter inovasi, kreatif ditengah kondisi sesulit apapun. Berkreasi menciptakan hal baru, link & match yang lebih update dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).”


Wikan juga berterimakasih kepada IDeA Indonesia dan Archipealgo International atas terobosan hybrid learning dan distance internship atau pemagangan jarak jauh. “Ini bentuk kecepatan, tindakan gercep untuk berubah, survive dan menjadi leader dalam menciptakan SDM yang unggul, kompeten dan sesuai dunia kerja global”.


Direktur Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI, Wartanto menyampaikan rasa bangga kepada IDeA Indonesia yang membantu mewujudkan harapan Ditjen Pendidikan Vokasi, khususnya Kursus dan Pelatihan. “Alhamdulillah saya salut dengan terobosan IDeA Indonesia. Selama dua tahun ini, 2020-2021, dunia Vokasi khususnya Kursus dan Pelatihan diwarnai dengan kreatifitas IDeA yang luar biasa. Setelah meresmikan Hotel Bintang 3 sebagai Teaching Factory-nya, sekarang muncul inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran dan kemitraan dengan DUDI.”


Wartanto menambahkan, pemerintah mendorong pendidikan vokasi berstandar industri dengan memiliki teaching factory. "Dengan teaching factory, lembaga pendidikan vokasi otomatis dapat mengembangkan kurikulum dan strategi pembelajaran mengikuti perkembangan industri," ujarnya.


Dalam sesi paparan, Direktur Utama IDeA Indonesia, Eko Desriyanto menerangkan bahwa pelatihan IDeA Indonesia yang terintegrasi dengan teaching factory menjadikan alumninya lebih adaptif, kolaboratif, dan kompetitif menghadapi dunia kerja. “Ditambah dengan kolaborasi program Hybrid Learning dan Distance Internship dengan Archipelago ini, kami yakin lulusan IDeA Indonesia akan makin terdepan, berkualitas global dan bermindset digital”.


Hybrid Learning merupakan program pembelajaran online melalui platform www.hybrid.ideaindonesia.com. Materi diberikan dalam video yang atraktif dan detail dilengkapi article, meet the expert, online coaching dan online evaluation. “Untuk belajar praktik, siswa akan belajar langsung di jaringan hotel Archipelago yang terdekat dengan domisili peserta, baik di dalam maupun luar negeri. Peserta tetap mendapat Sertifikat On Job Training setelah menyelesaikan program ini” jelas Eko.


Sementara, Distance Internship merupakan program dimana siswa IDeA Indonesia dapat mengikuti proses On Job Training jarak jauh pada jaringan hotel Archipelago International. Selama mengikuti program, peserta belajar praktik di Teaching Factory milik IDeA Indonesia. “Dengan memiliki Teaching Factory sendiri, magang jarak jauh dapat dilakukan dengan efektif dan berkualitas seperti OJT pada umumnya” pungkasnya.


Vice President, Human Resources Archipelago International, Faisal Tjandraatmadja mengatakan kerjasama dengan IDeA Indonesia Akademi merupakan langkah strategis untuk menghasilkan SDM unggul sesuai kebutuhan industri global. "Kami mengapresiasi IDeA Indonesia yang sangat responsif menangkap peluang kerjasama dengan Archipelago International untuk menjadi yang terdepan dalam platform pembelajaran digital Hybrid Learning dan Distance Internship” kata Faisal.