Persiapan Buka 20 Cabang, IDEA Resmi Buka Sekolah Manager

Sabtu, 06 April 2024

Jakarta, Sabtu 06 April 2024, Perseroan penyedia jasa akomodasi perhotelan, layanan food and beverage, operator property dan pelatihan vokasi bergaransi kerja bidang hotel, kuliner dan kapal pesiar, PT Idea Indonesia Tbk (IDEA) baru saja meresmikan pembukaan Sekolah Manager (School of Managers).


Pembukaan Sekolah Manager Idea Indonesia diresmikan langsung oleh Presiden Direktur IDEA, Eko Desriyanto dan dihadiri segenap jajaran direksi, komisaris, school principle, alumni, perusahaan mitra, management dan karyawan dari berbagai cabang IDEA di seluruh Indonesia.


Dalam sambutannya, Eko menerangkan bahwa pembukaan Sekolah Manager Idea Indonesia ini merupakan sebuah mile stone atau lompatan besar bagi pengembangan SDM internal Idea, alumni, maupun masyarakat umum yang ingin mempersiapkan diri menjadi manager handal masa depan.


"Selain bagian dari rencana Corporate Sustainability, Sekolah Manager Idea Indonesia ini didedikasikan sebagai apresiasi untuk karyawan Idea yang memiliki prestasi, loyalitas dan visi utk maju bersama perusahaan. Namun dalam perjalanannya, banyak alumni program pelatihan kerja IDEA dan masyarakat umum yang membutuhkan dan menyambut antusias kehadiran Sekolah Manager Idea Indonesia ini", terang Eko.


IDEA saat ini dalam fase kebangkitan pasca covid dan persiapan ekspansi besar-besaran menuju 20 Cabang pada tahun 2027. Tercatat, IDEA telah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan 4 perusahaan pemilik hotel dan operator hotel yang mengoperasikan total hampir 30 hotel. Dari jumlah tersebut, baru 7 hotel yang sudah terealisasi menjadi Cabang Idea Indonesia, yaitu Idea Indonesia Lampung, Idea Indonesia Jakarta 1, Idea Indonesia Jakarta 2, Idea Indonesia Semarang, Idea Indonesia Yogyakarta, Idea Indonesia Surabaya, dan Idea Indonesia Makassar.


Dengan terbukanya potensi kerjasama dengan banyak pemilik hotel dan operator hotel di seluruh Indonesia, IDEA optimis 20 Cabang akan terwujud dalam 3 tahun ke depan hingga pertengahan tahun 2027.


Sebagai persiapan expansi besar-besaran inilah, IDEA membuka Sekolah Manager untuk melahirkan manager cabang dan manager operasional yang kompeten dan menguasai managerial skill, serta menjalankan budaya dan core value perusahaan. 


Sekolah Manager ini diberikan secara gratis bagi karyawan pilihan yang berprestasi, memiliki loyalitas dan visi besar utk maju bersama IDEA. Pada angkatan pertama ini, IDEA akan menyeleksi 10 karyawan terbaik untuk diberi beasiswa mengikuti Program Sekolah Manager. 10 orang karyawan terpilih ini akan diberi jaminan pengembangan karir sebagai Branch Manager atau Division Manager di berbagai daerah di Indonesia. 


Kepala Sekolah Manager yang sekaligus Branch Manager Idea Indonesia, Qonita Abdullah dalam sambutannya menyampaikan bahwa tag line Sekolah Manager Idea Indonesia adalah "bring you to the next level of career and life", artinya Sekolah Manager Idea berkomitmen mengantar seluruh mahasiswanya ke level karir dan kualitas kehidupan yang lebih baik. "Kami ingin menjembatani leader potensial perusahaan, alumni dan masyarakat umum, bukan saja untuk mendapatkan bekal professional yg dibutuhkan dalam meniti karir sebagai top level manager, tapi juga memiliki kualitas kehidupan yg lebih baik dalam hal professional, personal, financial, spiritual, dan emotional", ungkap Qonita.

Saat ditanya tentang durasi program pembelajaran Sekolah Manager Idea Indonesia, Qonita menjelaskan bahwa Sekolah Manager ini akan dilaksanakan dalam 2 semester, atau 1 tahun. Dimana 1 semester dilaksanakan in-house lecture secara daring melalui live webinar dan LMS, dilanjutkan 1 semester berikutnya dengan metode Management Trainee secara offline di perusahaan.

Para dosen yang akan menjadi mentor pembimbing program Sekolah Manager Idea Indonesia adalah jajaran Direksi, Komisaris, Akademisi dan Praktisi dari internal Idea Indonesia, kampus, dan mitra Idea dengan berbagai latar belakang keahlian dan sektor Industri. 


"Untuk Batch Pertama tahun 2024, Sekolah Manager Idea akan dimulai pada awal Juni 2024", tutup Qonita.


Acara Pembukaan Sekolah Manager Idea Indonesia dirangkai dengan General Stadium yang menghadirkan 4 narasumber secara online, yaitu Ahmad Sadat (Komisaris Utama IDEA), Wendy Iskandar (Komisaris Independen IDEA), Dodi Arifianto (CEO Asiavesta) dan Eko Desriyanto (Presiden Direktur IDEA).


Wendy Isnandar di sela-sela materinya memberi ucapan selamat dan apresiasi yang tinggi atas pembukaan Sekolah Manager Idea Indonesia, dan berharap langkah ini dapat melahirkan manager-manager handal untuk menunjang pertumbuhan perusahaan. "Selamat dan sukses atas pembukaan Sekolah Manager Idea Indonesia, semoga menghasilkan SDM manager handal untuk mendukung pertumbuhan dan ekspansi perusahaan", pungkas Wendy.