Gasspoll, IDEA Gandeng Pandanaran Hotel Group Buka Cabang ke-7 di Jogja

Sabtu, 09 Maret 2024

Emiten penyedia layanan akomodasi, makan minum, operator property, dan pelatihan vokasi bergaransi kerja, PT Idea Indonesia Tbk (IDEA) kembali melakukan ekspansi dengan membuka cabang baru di Daerah Istimewa Yogyakarta. IDEA resmi menggandeng Pandanaran Hotel, sebuah hotel bintang 3 di bilangan Prawirotaman Yogyakarta, sebagai Cabang ke-7 Idea Indonesia melengkapi cabang yang telah eksis sebelumnya, yaitu (1) Idea Indonesia Lampung, (2) Idea Indonesia Jakarta Jagakarsa, (3) Idea Indonesia Jakarta Kemang, (4) Idea Indonesia Semarang, (5) Idea Indonesia Surabaya, dan (6) Idea Indonesia Makassar.

Penandatanganan kerjasama pembukaan cabang ke-7 antara IDEA dengan Pandanaran Hotel Yogyakarta dilaksanakan pada Jumat, 8 Maret 2024 bertempat di Ballroom Pandanaran Hotel Prawirotaman, Yogyakarta. Hadir dalam acara penandatangan tersebut, Direktur Utama PT Idea Indonesia Tbk Eko Desriyanto, Direktur Operasional PT Sunan Pandanaran Adi Andriyanto, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK DIY, Forum Bursa Kerja Khusus SMK DIY, Hotel Manager Pandanaran Hotel Yogyakarta Sari Purwanti beserta seluruh manager operasional Pandanaran Hotel, serta alumni IDEA yang bekerja di DIY dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Direktur Operasional Pandanaran Hotel Group Adi Andriyanto menyampaikan apresiasi kepada IDEA karena telah menjadikan Pandanaran Hotel Group sebagai mitra strategis untuk bersama-sama mengembangkan bisnis dan meningkatkan kualitas SDM dunia hospitality. “Kami menyambut baik dan mengucapkan apresiasi atas kerjasama IDEA dengan Pandanaran Group, dimana kerjasama ini adalah kelanjutan dari kerjasama yang telah terjalin sejak 2 tahun yang lalu dengan 2 property pandanaran group di Semarang, yaitu Pandanaran Hotel Semarang dan UTC Hotel Semarang”, terang Adi.

Adi melanjutkan, alasan diperluasnya kerjasama IDEA Indonesia dengan Pandanaran Yogyakarta adalah karena ia telah merasakan dampak positif yang diterima oleh kedua belah pihak. “Kerjasama dengan IDEA mendatangkan dampak positif dengan privilege mendapat karyawan yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas pelayan di seluruh unit bisnis Pandanaran Group”, pungkas Adi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama IDEA Eko Desriyanto menyatakan bahwa layanan pelatihan super singkat dengan 100% jaminan perekrutan atau penempatan kerja yang diberikan pihaknya terbukti mendatangkan benefit yang besar bagi banyak pihak, terutama hotel mitra, masyarakat pencari kerja, dunia pendidikan menengah (SMK), dan pemerintah, terutama dalam hal pengurangan pengangguran di Indonesia yang jumlahnya masih sangat tinggi.

Eko menegaskan kehadiran IDEA di setiap daerah bertujuan untuk menjadi jembatan (bridging) para pencari kerja dengan industri pencari tenaga kerja berkualitas melalui proses pelatihan yang super singkat, super efektif dan super efisien yang dilaksanakan langsung oleh industri. “Dengan kerjasama ini, mitra hotel mendapat manfaat dengan meningkatnya kualitas pelayanan, pencari kerja mendapat manfaat dengan pelatihan berkualitas dan jaminan penempatan kerja, sektor pendidikan dan pemerintah terbantu dengan berkurangnya pengangguran, khususnya lulusan SMK” jelas Eko.

Eko menyampaikan harapan dengan hadirnya IDEA di Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pendidikan dan pariwisata, membawa manfaat yang besar bagi Masyarakat Jogja, Jateng dan sekitarnya. “Seperti cabang-cabang sebelumnya, kehadiran IDEA selalu disambut antusias karena memberi solusi nyata dengan jaminan perekrutan atau penempatan kerja yang layak di industri hotel, kuliner, bahkan kapal pesiar internasional”, pungkas Eko

Yunanto Andang yang hadir mewakili Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY sekaligus perwakilan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK (MKKS SMK ) Provinsi DIY menyambut antusias karena melihat ada keunikan yang dibawa oleh IDEA melalui Program Persiapan kerja yang dilaksanakan langsung di hotel Bintang 3 Pandanaran Hotel Yogyakarta. Yunanto menilai Bridging Program yang dilaksanakan IDEA ini selain unik, juga memberi harapan baru bagi dunia pendidikan vokasi level SMK untuk bisa mendapat jaminan kerja melalui program yang singkat, efektif, dan berkualitas. Oleh karenanya, ia mendukung pembukaan Idea Indonesia Cabang Yogyakarta sebagai salah satu solusi alternatif agar keterserapan lulusan SMK dapat lebih optimal. Dikatakan Yunanto “Ini terobosan program luar biasa, bukan hanya melatih skill, tapi juga sikap, karakter dan budaya industri. Semoga IDEA dapat berkolaborasi Dinas Pendidikan dan MKKS SMK untuk melaksanakan sosialisasi masiv ke seluruh SMK di DIY”.

Senada dengan Yunanto, Koordinator Forum Bursa Kerja Khusus SMK Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Arianto menyatakan pihaknya akan segera menggelar koordinasi internal dengan seluruh BKK SMK se-Provinsi DIY dan mengajukan penandatangan kerjasama dengan IDEA guna membantu siswa kelas 12 yang akan lulus tahun 2024 ini, agar mendapat penempatan kerja yang layak di hotel berbintang dan kapal pesiar internasional. Arianto mengatakan “Kami akan mengundang pihak IDEA Indonesia dalam waktu dekat ini untuk berkoordinasi dan mengatur rencana sosialisasi program Persiapan Kerja berbasis Industri Idea Indonesia dan Pandanaran Yogyakarta”.

Di kesempatan yang sama, Hotel Manager Pandanaran Prawirotaman menyampaikan komitmennya untuk berkontribusi secara optimal agar tujuan kerjasama ini dapat tercapai. Ia menyampaikan untuk mengerahkan manager semua divisi untuk berpartisipasi aktif dalam melatih, mendidik, dan mendampingi peserta program persiapan kerja agar mahir, beretika, ber-attitude, berkarakter dan berbudaya khas hospitality Indonesia yang berkelas dunia. “Kami dukung penuh, semua leader divisi akan terlibat dalam proses pelatihan, sehingga kami bisa turut berkontribusi melahirkan talenta hospitality sukses berkelas dunia” kata Sari.