Punya Hotel Praktik Sendiri, Siswa IDeA Langsung Siap Kerja

Jum'at, 08 Nopember 2019
Oleh Admin

Jumat, 8 November 2019 membawa keberkahan tersendiri bagi IDeA Indonesia dan seluruh keluarga besarnya. Hari ini ditandangani sebuah perjanjian kerjasama Tripartid antara IDeA Indonesia – Star4Hire Jakarta – PT BSMS Surabaya. Dengan ditandatanganinya perjanjian ini, IDeA Indonesia telah resmi menjadi mitra penempatan kerja bidang perhotelan ke luar negeri dengan negara tujuan Malaysia dan beberapa negara lainnya.

Dalam sambutannya mewakili IDeA Indonesia, Managing Director Eko Desriyanto mengatakan “Ini adalah langkah konkrit IDeA Indonesia untuk menjadi Juara Dunia pelatihan bidang perhotelan, setelah pada September 2019 lalu, IDeA Indonesia dinobatkan sebagai Juara Nasional Indonesia oleh Menteri Pendidikan RI”. Ia menambahkan, kerjasama ini merupakan sebuah milestone perjalanan IDeA Indonesia untuk mengantar pesertanya menembus pasar kerja dunia dengan lebih massif dan terencana. IDeA Indonesia setuju bekerjasama dengan Star4Hire dan PT BSMS karena keduanya terbukti telah menjembatani puluhan ribu tenaga professional Indonesia sukses bekerja di luar negeri secara legal dan aman. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Star4Hire Sapto Priantomo mengatakan “Star4Hire telah mendapatkan penghargaan sebagai StartUp Indonesia bidang hospitality di Silicon Valey, USA 2017. Kami memiliki tanggung jawab untuk mengangkat profesional Indonesia ke level dunia”.

Direktur PT BSMS, Irawan Tjandra dalam sambutannya mengungkapkan keyakinannya bahwa dengan kerjasama ini, PT BSMS akan dapat memenuhi permintaan kerja di hotel bintang 4 dan 5 luar negeri yang pada 2020 telah mencapai 1000 orang per tahun. “Tentu ini kesempatan emas bagi siswa IDeA Indonesia untuk dapat berkarir di perhotelan internasional”, imbuhnya.

Perjanjian ini akan memungkinkan siswa IDeA Indonesia memiliki short cut, atau menyingkat proses dengan signifikan. Biasanya, setelah pelatihan 3 bulan, siswa IDeA Indonesia harus magang 6 bulan, kemudian penempatan kerja. Dengan kerjasama ini, setelah belajar di IDeA dan praktikum di hotel Aidia Grande, siswa IDeA Indonesia bisa langsung bekerja sebagai karyawan professional di hotel bintang 4 dan 5 seperti Movenpick, Four Season, Shangri La, Jen Hotel, Tamu Hotel, Hard Rock Hotel dan Dasaru Hotel, di Malaysia dan beberapa negara lainnya.

Hal ini disepakati setelah perwakilan user dari Malaysia, Mr Vincent, datang dan melihat langsung bagaimana system pelatihan di IDeA Indonesia sangat komprehensif dan langsung praktik di Hotel Aidia Grande yang dimiliki oleh IDeA Indonesia. Pihak Star4Hire dan BSMS juga sangat terkesan dengan Attitude, Service dan English Skill yang ditunjukkan oleh siswa siswi IDeA Indonesia selama 2 kali kunjungannya ke IDeA Indonesia. 

Sebagai follow up dari perjanjian ini, kemarin sebanyak 44 siswa langsung diinterview dan diproses dokumennya utk bekerja di Four Season Malaysia dengan periode pemberangkatan mulai Desember 2019.

Penandatanganan perjanjian kerjasama Tripartid ini disaksikan langsung oleh Kabiro Perencanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dari Jakarta, didampingi oleh perwakilan Dinas Tenaga Kerja Kota Metro dan Dinas Pendidikan Kota Metro.